Pengaruh Seni Pahat Bali Bemberikan Pencerahan

Pengaruh Seni Pahat Bali Bemberikan Pencerahan

Pamutik digunakan untuk membersihkan permukaan rata dan cembung dan membuat potongan menoreh lurus ke dalam kayu. Pango digunakan pada permukaan cekung dengan ujung melengkung sangat berguna dalam menggali celah-celah yang lebih kecil dan memotong di sekitar lubang hidung, rongga mata dan bibir. Pegas juga tidak ternilai untuk menggali lubang hidung dan rongga mata dan membersihkan tanda gouge di bagian belakang yang berlubang. Ketrampilan Ketut dengan pisau-pisau ini sangat luar biasa. Dia bisa membuat luka panjang yang anggun untuk menambahkan keriput, menentukan lengkungan bibir, cuping hidung, dan gigi bulat. Tusuk pisau saya sendiri pendek, irisan berombak yang saya harap proses pengamplasan akan melunak dan menyatu.

Kayu pulai masih lunak dan basah ketika ukiran selesai sehingga masker dibiarkan kering selama beberapa hari sebelum diampelas. Karena Ketut membersihkan topengnya dengan baik dengan pisau, ia hanya membutuhkan selembar amplas berukuran 2 "x 2" untuk menyelesaikan topengnya. Amplas melengkung ke dalam tabung dan dilipat ke titik-titik untuk masuk ke celah-celah dan celah-celah yang sulit. Sementara permukaan masker harus halus, seharusnya tidak terlalu banyak bekerja sehingga detail diredam.

Meskipun artikel ini terutama tentang mengukir, saya harus secara singkat menyebutkan lukisan dan dekorasi yang sangat teliti yang mana topeng-topeng ini mengalami setelah ukiran selesai. Cat priming putih tradisional terbuat dari tulang babi yang dikalsifikasi dan dicampur dengan lem berbasis ikan. Cat ini dicampur dengan konsistensi cat air dan membutuhkan 15 hingga 20 lapis untuk secara efektif mendasarkan masker. Masker diampelas setiap lapisan keempat atau kelima untuk menghaluskan permukaan. Pigmen tradisional untuk base coat diperoleh dari berbagai cangkang, serangga, buah-buahan, tanaman dan kacang termasuk kopi. Hitam tradisional terbuat dari jelaga dari batok kelapa yang dibakar. Pelukis topeng kontemporer menggunakan cat rumah lateks akrilik yang nyaman, yang masih menipis dengan konsistensi cat air yang membutuhkan banyak aplikasi dan pengamplasan antar lapisan. Iris, kerutan, dan aksen wajah juga digunakan dalam beberapa kali mencuci cat hitam keabu-abuan. Toko membeli kuas sintetis digunakan untuk base dan prime coat, tetapi untuk detail lukisan Ketut membuat kuas kecil sendiri dengan menempelkan bulu kambing atau monyet dengan benang ke gagang berukir.

Masker ini selanjutnya dihiasi dengan ibu mutiara untuk gigi, kambing dan bulu monyet untuk kumis, alis dan jenggot, manes kuda dikepang untuk rambut, dan daun emas dan perhiasan untuk menunjukkan royalti.. Saya mengukir lima topeng saat berada di Bali. Pada awalnya saya memperkirakan bahwa Ketut diukir 75% sementara saya melakukan 25%. Topeng kedua saya adalah 60% Ketut dan 40% saya, tetapi pada ketiga persentase ini dibalik. Topeng keempat saya adalah 25% Ketut dan 75% saya, dan pada topeng terakhir saya melakukan semua Ukiran. Bali menjelaskan bahwa ini adalah metode Ketut untuk meluluskan saya dengan mengharuskan saya menyelesaikan masalah ukiran saya sendiri hanya dengan sesekali saran dan dorongan. Saya terkejut dan merasa terhormat ketika Ketut menawarkan untuk mengajak saya sebagai murid. Dia berpikir bahwa dalam beberapa bulan saya bisa menjadi pengukir topeng yang terampil di tangan saya sendiri. Sangat menggoda untuk tinggal di surga dan terus mengasah keterampilan saya di bawah bimbingan Ketut. Tetapi saya memiliki kewajiban lain dan saya ingin kembali ke rumah dan berbagi pengalaman saya dengan siswa, kolega, dan teman-teman saya.

Sekarang saya kembali ke Amerika Serikat, saya terus mempraktekkan ukiran saya. Pulai tidak tersedia di sini, tetapi alder merah (Almus Rubra) tampaknya menjadi pengganti yang sebanding. Alder juga diukir selagi berwarna hijau tetapi berubah dari krim menjadi warna kemerahan saat mengering. Sayangnya alder tidak tumbuh di Illinois sehingga saya memilikinya dikirim hijau dari Oregon.

Ketut Molog adalah seorang pengukir utama berusia 43 tahun dari desa Mas, yang dikenal di seluruh Bali karena banyak studio ukiran kayuyang baik, Ketut menyelesaikan pendidikan formalnya ketika ia berusia 12 tahun dan mulai berlatih mengukir ketika ia berumur 17 tahun. Sumber pertamanya kayu ukiran adalah kayu bakar keluarga, yang harus dia lindungi dari ibunya yang mencoba memasak makanan keluarga. Ini adalah hari-hari awal pariwisata Bali dan ukiran kayu belum menjadi profesi utama. Bali sekarang terkenal karena ukiran kayu dan mengekspor ribuan ukiran setiap tahun.

Comments