Penelusuran Ukiran Antik Bali


Penelusuran Ukiran Antik Bali

Pasar Barang Antik
Budaya Bali telah dikenal sebagai salah satu budaya unik di dunia. Karakteristik yang unik dan kuat membuat budaya Bali cocok untuk dipilih sebagai tema interior. Banyak filsafat yang melekat pada produk budaya Bali, tetapi jika Anda menggunakan dengan baik, itu akan memperkaya tema interior rumah Anda. Salah satu produk budaya di Bali adalah ukiran kayu. Seniman ukiran kayu Bali adalah salah satu seniman ukiran kayu terbaik di dunia karena desain pola asli, karya dan penyelesaiannya. Ukiran kayu untuk orang Bali adalah bagian dari kebutuhan estetika, tempat ukiran kayu Bali sebagai persembahan kepada dewa atau orang yang sangat dihormati di masyarakat. Pada zaman dahulu, ukiran kayu hanya digunakan di daerah yang dihormati seperti kuil dan istana. Mungkin dalam artikel ini Anda akan berpikir tentang menggunakan ukiran kayu Bali untuk memperkaya interior rumah Anda. Ukiran Bali berbentuk patung, handcrafts, masker, furniture dll.

Tips & Tik Berbelanja Ukiraan 

Untuk menemukan ukiran kayu berkualitas tinggi di Bali Anda harus pergi ke kabupaten Gianyar, terutama di desa Mas, dan Kemenuh. Ada dua jenis utama ukiran kayu. Ukiran tradisional, dalam bentuk basaux relief dan plak, digunakan terutama sebagai hiasan untuk pintu, dinding dan kolom dan patung kayu standar yang sangat terstandar dan pahlawan mistis juga termasuk dalam kelompok ini. Yang kedua adalah ukiran kontemporer. Tema ini biasanya sangat menggambarkan sosok manusia dan hewan, seringkali aneh dan psikopat.

Ketika Anda membeli ukiran kayu, lebih baik untuk berpakaian santai, pembeli yang tampak makmur akan mendapatkan harga lebih tinggi dan jangan lupa dan jangan malu untuk tawar-menawar, ketika harga yang wajar tercapai, beli. Harga tetap dibuat bagi mereka yang tidak punya waktu untuk menawar. Pelajari barang dengan saksama sebelum Anda membelinya. Pastikan karya seni kering (bebas dari kelembaban). Jika tidak, itu akan retak dan cetakan nanti. Periksa keretakan dan pastikan semua bagian yang terpasang seperti sayap, tangan, kaki terpasang dengan benar. Mintalah pengukir menjelaskan perubahan warna apa pun.

Waspadalah terhadap imitasi; jika penjual mengklaim bahwa barang terbuat dari kayu cendana atau eboni murni, ada kemungkinan bahwa klaimnya 90% salah, karena kayu cendana sulit ditemukan dan harga ebony untuk bahan ukiran sangat tinggi. Jika Anda bisa, temukan ukiran yang memiliki kehidupan batin, vitalitasnya sendiri.

Berburu Barang Antik

Kerajinan kayu antik memunculkan masalah lain, menemukan barang-barang antik di Bali membutuhkan banyak usaha. Penghijauan kayu antik yang langka langka di Bali, kunjungan ke toko barang antik adalah perjalanan ke hutan barang-barang repro. Luangkan waktu Anda ketika membeli ukiran kayu antik, pelajari dengan seksama. Akan lebih baik bagi Anda untuk menambah pengetahuan Anda tentang kerajinan kayu antik dengan mengunjungi Museum Bali di Denpasar, atau dengan membaca buku tentang barang antik Bali sebelum Anda mulai berburu ukiran kayu antik.

Selalu berasumsi bahwa Anda ditipu ketika membeli kerajinan kayu antik akan meningkatkan kesadaran Anda dan meminimalkan kesempatan Anda untuk ditipu. Tanyakan pada dealer berapa umurnya. Mintalah jaminan tertulis yang menyatakan kondisi pembelian.

Sayangnya ada hukum yang disahkan oleh Pemerintah pada tahun 1993 untuk mencegah pendarahan harta karun dari Bali. Undang-undang menyatakan bahwa setiap objek di atas 50 tahun dianggap antik dan harus diserahkan kepada pemerintah. Satu-satunya pengecualian adalah benda tua seperti Kris dan batu berukir

Comments